Home » » Penyebab dengung nois pada power rakitan

Penyebab dengung nois pada power rakitan


Hum dengung atau nois pada power amplifier terutama pada power rakitan adalah kejadian paling sering terjadi, Dengung pada power amplifier rakitan cukup mengganggu apalagi bila di puter dengan keadaan volume besar dan musik mati maka akan terdengar keras dan mengganggu yang membuat tidak nyaman.

Dengung juga menjadi tantangan bagi para perakit power rakitan apalagi bagi seorang yang mencoba merakit power sendiri tentunya akan lebih parah karena tidak mempedulikan instalasi dan ukuranya.

Lantas apakah penyebab power ampli rakita dengung atau nois.

1. Kabel
Perkabelan menjadi hal yang sangat penting sebab kerapihan pengkabelan pada power ampli sangat berpengaruh pada suara dengung.

2.Input
terutama pada bagian kabel input yang menuju kit amplifier , untuk kabel input atau biasa disebut kabel hed wajib menggunakan kabel bagus yang berisi tiga kabel , biasanya berisi 2 kabel dan 1 serabut sebagai ground.

3.Suply daya Berlebih
Power suply atau voltase yang berlebihan alias tidak sesuai dengan kapasitar kit power juga sangat berpengaruh karena akan terjadi hum dengung untuk kejadian ini biasanya akan sangat sulit dihilangkan.

4.Daya Turun drop
Suply daya dari travo ke capasitor yang menuju ke kit driver ampli terlalu kecil , hal ini akan berakibat dengung ,bahkan hampir semua power ampli yang daya turun akan terjadi dengung.

5.Tone Kontrol
Bila power ampli dilengkapip tone control maka akan lebih rentan terhadap dengung atau nois, sebab tone kontrol adalah alat yang berfungsi mengontrol sumber suara dan mengolahnya dan membosting beberapa frequensi seperti bass,mid,high. Biasanya tone kotrol tidak bisa menggunakan satu travo alias gandeng dengan travo power. untuk itu pakai lah dua trvo, satu untuk power dan satu lagi untuk tone kontrol.

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh ARA AUDIO

Newest
You are reading the newest post

0 Comments:

Posting Komentar

MAU REQUEST BOX SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA