9/11/2019

Belajar Mengenal Fungsi Phantom Pada Mixer



Hallo sahabat ara audio kali ini kita akan mempelajari tentang tombol phantom power 48vol pada mixer, phantom power adalah sebuah fitur yang ada di bagian input mixer, lalu dimanakan letak tegangan 48vol tersebut,  tegangan 48 vol ada dibagian  inpun XLR atau input microphone.

Ketika tombol phantom 48vol di tekan maka akan menysuplay tegangan 48 ke bagian input xlr, lalu 48 vol tersebut berada di bagian kaki berapa, lihat gambar dibawah ini.

Diatas adalah gambar dari input jack XLR/balance, disitu sudah ada nomer pin 1,2,3,  pin nomer satu adalah Ground ,sedangkan pin 2 dan 3 yang memiliki tegangan  masing masing memiliki tegangan sebesar 48vol.

PENTING..!!!
Bagi yang mengaktifkan tombol phantom 48volt ada DILARANG menggunakan kabel yang di jumper antara pin 1 dan 3,  karena dapat mengakibatkan kerusakan, memang sebagian besar microphone atau kabel yang dirakit sendiri pin 1dan 3 dijumper namun untuk penggunaan fitur phantom hal ini dilarang karena dapat merusak MIXER.

Phantom 48 dapat merusak  mixer

tombol phantom 48vol tent dapat merusak preamp pada mixer anda terutama pada saat anda menggunakan kabel atau menjumper pin 1 dan 3, karena saat terjadi letupan makan pre amp mixer anda bisa rusak.

Lalu apakah Phantom 48volt akan merusak microphone?  

Jawabanya= Tidak , karena meskipun phantom mengeluarkan tegangan 48vol pada input tapi hal tersebut tidak akan membahayakan mic karena meskipun 48 namun ampernya sangat kecil jadi misalkan di konsletkan pun tidak akan teralu berefek .

Lalu apakah phantom 48volt dapat merusak power amplifier dan speaker?


Jawabanya bisa iya bisa juga tidak, jika power ampli anda dalam kondisi on dan volume besar saat anda meyolokan/mengaktifkan on-off microphone maka akan terjadi suara letupan DUG-DUG dan itu akan sangat berbahaya bagi speaker terutama pada tweeter dan yang fatal terjadi preamp rusak/terbakar.

Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut ,saat saya membeli mixer yamaha mg16xu KW, dimana mixer tersebut mengalami masalah pada phantom mixer 48volt yang tetap aktif meski tombol tidak di aktifkan, dan saya belum menyadari hal tersebut.

Jadi ketika saya menancapkan microphone yang sudah di jumper pin1 dan pin3 terjadi letupan pada suara output ke power ampli, dan setelah itu terjadi kerusakan pada chanel tersebut alias tidak berfungsi lagi,  dan karena penasaran saya mencoba lagi pada chanel satunya dan terjadi hal serupa dah alhasil 2chanel mati.

Setelah saya telusuri ternyata ada tegangan 48volt pada input xlr mixer saya, tombol phantom 48volt hanya digunakan untuk microphone condenser/microphone yang memiliki pre amp sendiri dan memerlukan tegangan.

Namun untuk microphone dynamic atau microphone biasa tidak perlu khawatir karena jika pemasangan kabel benar maka tidak akan terjadi letupan tersebut.

Bagaimana cara memasang kabel microphone yang benar


Contoh dibawah ini adalah contoh pemasangan kabel mic pada kaki jack yang benar,dan ini adalah standar pabrik.

jika menggunakan pemasangan kabel seperti ini tentu tidak akan terjadi letupan pada dan tidak akan berbahaya.

Untuk tegangan phantom 48volt hanya berlaku pada input XLR jika jack Phone tidak ada tegangan 48volt alias aman.



Belajar Mengenal Fungsi Phantom Pada Mixer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ARA AUDIO