5/17/2019

Cara Hitung Volume Box Speaker dan Lubang Angin Yang Baik



Menghitung Volume / besar box speaker sebenarnya bukan patokan dalam membuat box speaker, karena pada intinya semakin besar volume / ruangan box speaker maka gain low pada box speaker akan lebih besar akan tetapi ada pertimbangan yang mungkin perlu diperhatikan salah satunya karakter suara yang diinginkan tidak akan sesuai sampai biaya pembuatan yang lebih besar pula.

Lalu bagaimana cara mendesain box speaker yang baik ?


Bagaimana cara mendesain volume box speaker? Gelombang suara adalah bunyi dan tidak bisa disimulasikan dengan mesin(komputer). Memang banyak software tertentu yang bisa digunakan untuk menghitung volume box speaker untuk menentukan gain frekwensi rendah yang bisa dihasilkan; namun pengujian secara live tetap harus dilakukan karena hanya telinga yang bisa menilainya secara akurat. Cara mengujinya dengan mengurangi volume box sedikit demi sedikit sampai menemukan karakter suara yang diinginkan.

Namun ini ada beberapa volume box speaker sesuai dengan ukuran dari speaker yang banyak dianggap sebagai ukuran standard :

Cara menghitung volume box speaker : Dari daftar diatas box untuk speaker 15″ adalah 150 liter untuk  karakter subwoofer. Rumus menghitung volume/isi :  panjang x lebar x tinggi = 50 cm * 50 cm * 60 cm = (50*50*60) dm3 = 150000 dm3 = 150 liter Kesimpulan : Semakin besar box semakin meningkatkan gain nada rendah, namun bukan berarti semakin bagus Menghitung volume box speaker bertujuan untuk mendapatkan karakter suara yang diinginkan (midbass, woofer, subwoofer), biaya, dan ruang.

Ukuran Lubang Angin(Tipe Box Ported/Reflex) Lubang angin pada box ported adalah meresonansi suara bass yang dihasilkan oleh diafragma belakang speaker sehingga bisa menjadi lebih keras. Besar kecilnya bisa mempengaruhi karakter suara bass yang direporduksi. Lalu berapa ukuran lubang angin yang benar? JIka semakin besar lubang angin semakin kencang getaran daun speaker namun nada bass yang keluar akan semakin pendek. Jika semakin kecil akan menjadi kebalikannya, yaitu bass semakin peka. Untuk itu Anda bisa mengacu pada ukuran lubang standard yang sudah dianggap sebagai ukuran yang pas : Speaker 12″ slot port 6cm Speaker 15″ slot port 8cm Speaker 18″ slot port 10cm

Cara Hitung Volume Box Speaker dan Lubang Angin Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ARA AUDIO