3/24/2019

Fungsi R Basis Pada TR Final


Resistor pada basis Tr Final memang sering kita jumpai pada setiap power amplifier, namun tahukah anda apa fungsi dari R basis yang berada di kaki basis TR final.

Fungsi R Basis final biasanya untuk membatasi arus, menjaga V bias pada tingkat sebelumnya ( driver ) dan pada final itu sendiri biar kompak menghantar arus, maksimal R basis untuk final adalah 10 ohm itu pun sangat jarang, yg sering digunakan pada power built up adalah 3,3 ohm , bahkan ada yg tdk menggunakan , karena dianggap TR final match baik dari sisi hfe maupun voltage basis emitter yg biasanya bervariasi dari 0,6 sampai 0,8 volt untuk TR silikon.
Jadi menggantinya dengan nilai diatas dari 10 ohm bukan tindakan bijaksana tapi malah mebuat TR final tdk bekerja secara optimal .

dalam merakit power amp saya pribadi hanya menggunakan R basis klu dianggap perlu, misalnya sdh main HIGH Voltage . Coba perhatikan Nilai R basis pada TR final blazer , umumnya X 4 hanya menggunakan 0,1 ohm , klu kit pasaran misalnya safari dan suplynya hanya maksimal 45 CT sebaiknya R basis dicopot saja karena hanya mengurangi dorongan daro driver yg pada umumnya kurang dari kata cukup pada kit psaran umumnya ( ditandai dengan tdk adanya heatsink pada driver atau ada HS tapi dingin saja

 Jadi untuk travo 5 amper kebawah tidak menggunakan R basis tidak masalah justru akan membuat suara lebih mantap.

Fungsi R Basis Pada TR Final Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ARA AUDIO